Saturday 7 January 2017

Flowchart Pemesanan Tiket Online


Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dimanjakan dengan berbagai fasilitas berbasis online. Selain dipermudah dengan layanan berbasis online ini kita juga dapat mengehamat waktu yang kita punya. Pemesanan tiket kereta api adalah salah satu contoh penggunaan fasilitas pemesanan transportasi berbasis online. Pembelian tiket kereta api baik kategori eksekutif, bisnis maupun ekonomi sekarang bisa dilakukan secara online melalui internet. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi kita semua yang berencana berpergian dengan menggunakan kereta api tanpa harus mengantri di loket dan bisa langsung booking jauh-jauh hari sebelumnya, dan yang jelas dapat mengurangi kasus percaloan yang menjual harga tiket hingga berkali-kali lipat.
Pemesanan tiket kereta api ini cukup mudah,setelah mengakses web pemesanan kereta online kita akan diarahkan langsung ke halaman reservasi, halaman ini nantinya terdapat 3 menu pilihan. Jika kita sudah memiliki kode booking atau sudah pernah booking sebelumnya dan kita ingin melihat tiket yang sudah kita pesan, kita dapat memilih menu cek kode booking, pada halaman cek kode booking kita masukan kode yang sebelumnya sudah diberikan, jika kode salah maka web ini akan kembali kehalaman cek kode booking, akan tetapi jika berhasil website ini akan menampilkan data tiket yang sesuai dengan kode booking. Setelah data cocok maka tiket yang tadi sudah dibooking bias dicetak.
Didalam pemesanan tiket kereta online ini pengguna juga bisa mengecek tiket yang sudah dipesan jauh-jauh hari, pengguna hanya perlu memasukan kode transkasi dan kode barang, yang sebelumnya sudah didapatkan dari pemesanan tiket pre order.

Apabila pengguna belum memiliki tiket, maka dapat memesan kategori tiket yang mereka inginkan dengan cara mengisi form yang telah disediakan. Form tersebut berisi tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah berapa tiket yang ingin dipesan (maksimal 4). Setelah semua sudah terisi ketika dipilih tombol tampilkan maka pengguna akan di arahkan menuju beberapa kategori/jenis kereta berdasarkan data yang sudah dimasukan sebelumnya, jika data tidak ada yang cocok maka jenis/kategori kereta tidak ada yang ditampilkan. Jika sudah cocok dengan jenis kereta yang diinginkan maka pengguna akan mendapatkan nomor tempat duduk yang sudah disediakan atau bisa saja pengguna menginginkan pindah nomer tempat duduk jika tersedia. Jika sudah cocok dengan nomer tempat duduk pengguna akan mendapatkan kode pemesanan setelah itu pengguna dapat membayar tiket yang sudah dipesan tadi.

No comments:

Post a Comment